PANDUAN YOUTUBERS

5 Kunci SEO Metadata Youtube yang dapat membuat video mudah ditemukan

Video Youtube yang kita unggah dapat muncul di halaman awal pencarian adalah impian dari setiap para creator dan para pengunggah video di youtube. Semakin sering video kita berada di urutan pertama pencarian, maka semakin besar pula kesempatan video Youtube kita mendapatkan jumlah penayangan yang banyak. Lalu adakah cara supaya video kita banyak yang menonton karena sering muncul di halaman pencarian, fitur jelajah, ataupun video yang disarankan ? Dalam istilah Blogging kita mengenal yang namanya SEO ( Search Engine Optimation ) atau lebih dikenal dengan Optimasi mesin telusur yang merupakan serangkaian tindakan yang dapat kita lakukan agar blog kita mendapatkan posisi di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Berbeda halnya di Youtube, istilah SEO lebih dikenal dengan nama Metadata.

5 KUNCI SEO METADATA YOUTUBE AGAR MUDAH DITEMUKAN

Metadata adalah istilah yang dipakai didalam platform youtube untuk memaksimalkan konten video yang kita miliki agar berpeluang besar menjadi video yang disarankan, atau muncul di awal halaman pencarian youtube dan mendapat kesempatan untuk dapat ditonton oleh jutaan orang yang mengakses situs aplikasi youtube melalui platform desktop, seluler dan perangkat lainnya.

Aturan dari penggunaan Metadata ini harus mewakili konten video yang akan kita unggah ke situs Youtube agar hasil pencarian dapat sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna ataupun yang menarik minat dari pengakses situs youtube. Kita dapat menambahkan informasi kontekstual tambahan yang mengacu pada informasi video yang akan kita sajikan meliputi, Judul, Deskripsi ,Tag, Thumbnail dan juga Kategori.

Sobat PY, Mari kita bahas satu persatu !

1. MEMILIH JUDUL VIDEO 

Memilih judul video yang mengandung unsur kata kunci sangatlah penting. Kata kunci (Keyword) adalah serangkaian kalimat atau kata kata yang dituliskan oleh para pengguna youtube untuk mencari konten video yang mereka cari. Dari sekian banyak konten video yang muncul di hasil pencarian youtube, pengguna cenderung akan lebih memilih dan menonton video yang memuat judul sesuai dengan kata kunci yang mereka input.

CONTOH JUDUL VIDEO DI DALAM YOUTUBE
Contoh Pencarian Video di YouTube
Dari contoh hasil pencarian diatas, konten video yang memiliki judul yang sama persis dengan keyword yang diinput akan memiliki ranking lebih tinggi dalam hal pencarian, dan pengguna cenderung akan pertama kali memilih video yang memiliki kecocokan kata dan kalimat tersebut. Maka dari itu, penyertaan kata kunci dalam pemberian judul video amatlah sangat penting sekali. Judul video yang kita pilih harus berisi informasi berharga yang dapat membantu pengguna menemukan video kita dalam penelusuran.

Judul harus berisi konteks, bukan sekedar serangkaian kata kunci, pemberian judul yang disematkan kata kunci haruslah dibuat se natural mungkin dengan porsi sewajarnya agar sobatPY tidak di cap melanggar kebijakan spam youtube karena memberikan metadata yang menyesatkan yang dapat menyebabkan akun / channel youtube anda diberi peringatan bahkan di banned.

2. MENULIS DESKRIPSI VIDEO

Situs YouTube menjadi salah satu mesin telusur terbesar di dunia setelah Google Search. Idealnya, konten yang muncul di halaman pertama hasil penelusuran dapat memberikan penjelasan singkat yang memuat seluruh informasi terkait konten yang akan ditawarkan. Salah satu cara agar video youtube kita mudah ditemukan adalah dengan memberikan informasi sejelas dan seakurat mungkin melalui deskripsi video, yang didalamnya memuat kata kunci atau istilah pencarian yang diketikan oleh pengguna.

Deskripsi video membantu pengguna untuk memahami isi dari konten yang akan mereka tonton. Deskripsi terbagi ke dalam 2 bagian, yaitu deskripsi pendek, deskripsi yang terlihat pada tampilan halaman penelusuran pada saat sebelum video mereka tonton, dan Deskripsi lengkap pada saat mereka menonton video anda dengan mengklik tombol "Tampilkan Lebih Banyak". Maka penting bagi anda dalam hal menulis deskripsi untuk menyematkan kata kunci di awal awal kalimat agar pengguna melihat relevansi / kecocokan dari video dengan istilah pencarian mereka. Maksimalkan 5000 karakter dalam bidang Deskripsi untuk menunjukan detail lengkap ataupun tautan tautan yang mengarah ke link video lain yang terkait, atau tautan media sosial pendukung.

CONTOH BIDANG DESKRIPSI VIDEO YOUTUBE
Contoh Bidang Deskripsi untuk video YouTube

Deskripsi disarankan untuk menggunakan teknik bahasa yang mengalir tanpa terkesan dibuat buat hanya untuk menjejalkan kata kunci yang ingin kita bidik. Menurut sumber resmi YouTube, pemilihan kata kunci yang tepat, yang terdapat dalam deskripsi video seharusnya akan menaikan rangking konten video anda dalam penelusuran YouTube dan dapat meningkatkan waktu tonton dan penayangan video dari pengguna. Perlu diperhatikan pula agar anda membuat deskripsi yang sesuai, artinya jangan membuat kalimat deskripsi yang tidak relevan dengan konten yang disajikan, karena hal tersebut dapat membuat anda melanggar kebijakan program YouTube dan menandai akun anda sebagai spammer.

SobatPY dapat membuat frasa kalimat yang menggambarkan isi keseluruhan video dengan menyematkan 1 atau 2 kata kunci yang paling populer atau sering diketik oleh pengguna sesuai dengan pembahasan konten tersebut. SobatPY dapat mencari referensi kata kunci menggunakan Google Trends atau Keyword Planner dari AdWords untuk keyword yang paling populer.

3. MEMASANG TAG UNTUK VIDEO YOUTUBE

CARA MEMASANG TAG DI VIDEO YOUTUBE
Penggunaan Tag untuk video youtube

Penggunaan Tag di video YouTube sangat membantu Metadata dari sebuah konten agar berpeluang besar ditemukan oleh pemirsa, cara ini sangat bermanfaat apabila anda memiliki sasaran kata kunci yang tidak dapat disertakan dalam penulisan judul video. Pastikan pula penggunaan tag yang relevan dengan konten video anda agar menghindari pelanggaran kebijakan dan membantu pengguna menemukan video yang memiliki topik konten yang diinginkan. Jangan menambahkan tag yang sama sekali tidak serupa dengan konten anda untuk mengakali jumlah penayangan video agar meningkat, dan YouTube membatasi penggunaan sampai dengan 15 jenis tag yang boleh anda sertakan dalam video. Apabila jumlah tag yang digunakan melebihi dari angka aturan tersebut, besar kemungkinan video anda akan diabaikan di mesin pencarian youtube dan lagi lagi bisa dianggap Spam. Jadi berhati hatilah dan coba benar benar pikirkan Tag yang akan ada pilih yang menurut anda akan dicari oleh sebagian besar pengguna.

4. TAMBAHKAN THUMBNAIL / GAMBAR MINI KHUSUS

Menurut YouTube, video yang memakai gambar mini khusus (Thumbnail )  90% dari video tersebut memiliki performa baik di YouTube baik dari segi penayangan dan juga jumlah subscriber (pelanggan). Dari point tersebut, dapat kita simpulkan korelasi antara pemakaian Thumbnail terhadap popularitas dan keberhasilan dari video yang kita unggah.

"Jangan menilai sesuatu dari luarnya"

Saya rasa ungkapan ini kurang tepat, karena penampilan luar menentukan penampilan dalam anda. bagaimana anda dapat membuat orang tertarik menonton video anda hingga selesai, untuk dapat menarik perhatian pengguna terhadap video saja anda abaikan. Ada baiknya anda mempercantik tampilan video anda dengan gambar mini khusus (thumbnail) agar mampu bersaing mendapatkan perhatian pengguna diantara video video yang serupa dengan konten video anda.

Upload Gambar mini khusus untuk video anda yang menjelaskan isi video secara akurat, dan dapat memberikan gambaran informasi kepada pengguna apa saja yang akan mereka dapatkan di dalam konten video. Anda dapat membuat thumbnail dari cuplikan adegan video yang anda rasa menarik dan membuat rasa ingin tahu pengguna. Atau menambahkan gambar khusus yang memang anda siapkan untuk dijadikan gambar cover dari video anda. Jangan lupa untuk menambahkan teks yang bisa anda gunakan untuk membuat pengguna youtube menonton video anda seperti pengggunaan kata kata yang viral atau membuat penasaran pemirsa youtube.

CONTOH THUMBNAIL GAMBAR MINI KHUSUS VIDEO YOUTUBE
Contoh thumbnail video di YouTube

Selain pengunaan kalimat yang tepat, anda juga disarankan untuk membuat warna font tulisan yang kontras dengan warna latar video dengan ukuran yang cukup besar agar teks mudah dibaca pada semua perangkat, terlebih lagi jika pengguna mengakses konten anda melalui perangkat seluler dengan layar kecil. Ini harus anda perhatikan karena 50% penayangan video youtube pada perangkat, berasal dari perangkat seluler / mobile.

Secara teknis penggunaan thumbnail memang tidak langsung menjamin video youtube anda mudah ditemukan atau muncul di halaman pertama, akan tetapi pemakaian thumbnail akan memperbesar peluang penayangan video oleh pengguna diantara video video lain yang serupa. Efeknya akan lebih terasa setelah video anda mendapatkan jumlah tayangan yang terus meningkat dari waktu ke waktu, dan lambat laun akan mendongkrak rangking video anda ke halaman pertama pencarian youtube.

Catatan : Untuk dapat menggunakan fitur upload thumbnail, anda diharuskan memverifikasi akun channel youtube terlebih dahulu.

5. PEMILIHAN KATEGORI

Kategorikan video anda ke dalam salah satu kategori yang sudah tersedia di youtube. Untuk memilih dan mengubah kategori dari video, anda dapat masuk pada pengaturan "Setelan Lanjutan" pada tab "Pengelola Video" di setingan channel youtube anda. Pemilihan kategori dapat memberikan informasi secara umum kepada YouTube mengenai jenis konten dari video agar dapat dikelompokan dengan video serupa dan dapat dimunculkan dalam rekomendasi video kepada pemirsa melalui penargetan yang sesuai dengan profil serta minat pengguna.

CONTOH KATEGORI VIDEO DI YOUTUBE
Memilih Kategori Video di YouTube
Opsi kategori video berupa tema dari konten video anda seperti Film, Musik, Cara dan Gaya, Berita, Perjalanan Acara dan lain lain. Sesuaikan kategori dengan tema video yang anda unggah. Ini akan memudahkan algoritma YouTube untuk lebih mengenali konten anda lebih spesifik dan mampu merekomendasikan video anda kepada pengguna yang telah mencari ataupun menonton video yang serupa dengan konten video anda, sehingga mampu meningkatkan rasio jumlah penayangan yang akan video anda peroleh.

Itulah 5 Dasar Kunci SEO Metadata YouTube agar video anda mudah ditemukan di hasil pencarian. Meskipun penulis tidak dapat menjamin 100% keberhasilannya, akan tetapi lebih dapat berpeluang dibandingkan dengan konten yang tidak menerapkannya sama sekali. Mengingat banyaknya sekali konten video yang diunggah setiap harinya oleh para youtubers, dan anda harus mampu bersaing dengan konten konten lain yang memiliki reputasi ataupun kualitas yang lebih bagus. Kunci utama dari semuanya terletak pada kekuatan dan keunikan konten itu sendiri, namun kita dapat memaksimalkan segala sesuatunya dengan upaya dan teknik yang direkomendasikan oleh YouTube sendiri.

Semoga postingan kali ini dapat memberikan ilmu & informasi tambahan yang membantu mempopulerkan video anda dan mampu menarik / menambah pelanggan (subscribers) yang lebih banyak.

Semoga Berhasil !


1 Response to "5 Kunci SEO Metadata Youtube yang dapat membuat video mudah ditemukan"

  1. Panduan yang bagus tuk saya sbgai bahan pembelajaran

    ReplyDelete