PANDUAN YOUTUBERS

Begini cara memasang iklan Auto ads Google Adsense pada blog

Fitur Auto Ads sangat direkomendasikan oleh Google bagi publisher Adsense untuk menayangkan iklan Google di situs mereka, karena selain penggunaanya yang simple dan mudah, auto ads juga dipercaya mampu menciptakan pengalaman yang baik pengguna dalam menerima informasi terkait iklan Google. Pada postingan sebelumnya saya membahas mengenai 3 manfaat fitur Auto Ads Bagi publisher adsense, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya memasang Auto ads pada situs untuk menayangkan iklan otomatis.

cara memasang auto ads google adsense di blog website

Mulai bulan Maret 2018 fitur Auto Ads sudah tersedia di semua Dashboard Google Adsense milik publisher, caranya sangat mudah, anda tinggal masuk ke menu Google Adsense lalu klik My Ads – Auto Ads. Fitur ini seharusnya muncul jika akun Google Adsense anda baik baik saja, tentunya jika akun anda bermasalah seperti terkena penangguhan sementara ataupun di banned, maka otomatis anda tidak akan menemukan fitur ini, jangankan untuk mengakses Auto Ads, jika akun anda di banned untuk login ke akun saja anda tidak akan pernah bisa melakukannya ;) Untuk lebih jelas nya bisa dilihat pada screenshoot milik Google dibawah ini.

Setelah anda login ke akun adsense anda, pada menu My Ads – Auto Ads anda tinggal mengikuti perintah Get Started untuk mengaktifkan fitur Auto Ads ini. Lalu akan muncul pengaturan global untuk beberapa jenis format iklan yang tersedia pada fitur Auto Ads ini seperti text & display, In feed, In Article, Matched Content, Anchors dan Vignette. Pada masing masing format iklan tersedia Toggle untuk mengaktifkan format iklan mana saja yang akan anda pakai pada Auto Ads, namun untuk permulaan saya sarankan anda untuk mengaktifkan semua jenis format iklan agar bisa mengukur seberapa efektifkah kinerja Auto Ads pada situs anda, jikalau anda memiliki beberapa situs yang ingin anda atur pengaturan format iklan mana yang ingin ditampilkan, anda nanti hanya tinggal mengatur setinggan pada URL Group nya saja.

Setelah itu centang box yang bertuliskan Automatically Get New Format agar situs anda ikut terupdate jika suatu saat google memiliki jenis format iklan yang baru yang mungkin sesuai dengan situs anda, Lalu klik Save untuk menyimpan pengaturan. Kemudian anda klik Setup Auto Ads agar kode iklan yang harus anda pasang dapat muncul. Setelah kode iklan muncul, kode tersebutlah yang harus anda Copy and Paste di halaman situs anda. Bagaimana caranya ? jika anda terlebih dahulu pernah memasang kode iklan Page Level Ads atau iklan tingkat halaman, anda tidak akan menemui kesulitan untk memasang kode tersebut. Namun bagi anda yang pemula, saya akan jelaskan cara memasang kode iklan tersebut di halaman situs anda. 


Pada situs yang dihosting oleh Blogger, anda tinggal masuk ke dalam dashboard pengaturan blogger anda lalu klik Themes- Edit HTML. Lalu cari tag kode <head> , tag kode ini biasanya berada pada baris atas kode HTML halaman, anda tinggal mem-paste kode iklan tadi tepat dibawah tag <head>. Tapi jangan lupa sebelumnya anda perlu mem-parse kode iklan tadi sebelum anda pasang di halaman HTML anda agar Valid.

Setelah Auto Ads terpasang, seketika situs anda sudah teroptimasi dengan pengaturan otomatis dari Google untuk penerapan iklan, lakukan pemantauan terhadap kinerja auto ads dengan memeriksa Laporan Kinerja Iklan dengan cara klik Performance Report – New Report – lalu pilih Ad behavior (Perilaku Iklan). Laporan kinerja akan menampilkan keseluruhan jenis format iklan yang terpasang pada Auto Ads dan anda bisa mengukur seberapa efektifkah Auto Ads terhadap peningkatan impresi maupun earning adsense anda.

Itulah cara memasang Auto ads Google adsense pada Blog, semoga fitur ini dapat meningkatkan earning para publisher adsense semua, terima kasih !

0 Response to "Begini cara memasang iklan Auto ads Google Adsense pada blog"