PANDUAN YOUTUBERS

3 manfaat fitur Auto Ads bagi publisher Adsense

Update Produk Adsense : Fitur Auto Ads

Bagi teman teman publisher adsense mungkin sudah mendapatkan informasi mengenai update produk Adsense yang bernama Auto Ads dan mengikuti Livestream nya di kanal Youtube Google Adsense Indonesia yang menjabarkan secara detail beberapa update terbaru dari produk serta fitur fitur Google Adsense yang tentunya dapat meningkatkan performa situs serta penghasilan bagi publisher Adsense. Pada Livestream tersebut sebenarnya ada 4 bahasan utama yang diulas, namun kita membahas satu persatu dahulu. Salah satu yang akan kita bahas di artikel ini adalah fitur terbaru yang bernama Auto Ads. Sebenarnya kurang tepat kalau ini disebut fitur baru, bisa dibilang ini adalah penyempurnaan dari fitur yang telah ada sebelumnya yaitu Page Level Ads.

Fungsi dan manfaat Auto ads adsense

Auto ads pertama kali diperkenalkan pada bulan Februari 2018 lalu dengan tahap Beta, namun pada bulan Maret 2018 ini Auto ads sudah tersedia di seluruh Dashboard Publisher Adsense. Lalu apa itu Auto Ads ? Auto ads adalah sebuah fitur yang dirancang khusus bagi publisher adsense untuk menerapkan unit iklan adsense secara otomatis di setiap halaman situs yang memiliki ruang iklan memadai dan berpotensi untuk mendapatkan revenue lebih baik, karena penempatan iklan di otomatisasi dan dilakukan oleh pihak Google demi menciptakan User Experience yang baik tanpa sedikit pun mengurangi performa unit iklan yang sudah ada. Seperti yang dibahas sebelumnya, Auto Ads ini menggantikan fitur Page Level Ads yang telah ada sebelumnya, fitur untuk memasang iklan tingkat laman yang terdiri dari 2 unit iklan yaitu Anchor Ads (iklan yang tampil di tepi bawah halaman situs) dan Vignete Ads (iklan full page yang menutupi seluruh halaman disertai close ads button). Nah pada Auto Ads, pade Level Ads lebih disempurnakan dengan penyertaan beberapa jenis format iklan seperti :
  • Native Ads In feed 
  • Native Ads In Article 
  • Text & Display ads 
  • Matched Content 
  • Anchors Ads 
  • Vignete Ads 
Lalu apa manfaatnya bagi publisher jika memasang Auto ads pada situs yang di monetisasi ? secara umum ada 3 manfaat keuntungan bagi publisher jika situsnya menerapkan Auto Ads untuk penempatan jenis iklan di situsnya.

1. Otomatisasi

Kita tidak perlu direpotkan harus menempatkan iklan secara manual dengan memasang kode iklan di ruang ruang yang kita siapkan untuk menampilkannya, selain karena otomatis, penggunaannya pun sangatlah mudah dan tidak banyak menghabiskan waktu bagi publisher. Kita hanya perlu menekan tombol toggle untuk menempatkan iklan di seluruh ruang situs kita yang berpotensi mendatangkan klik iklan menurut kacamata Google. Bahkan Google menyebutkan bahwa Auto ads ini sangat Simple sekali karena publisher dapat mengontrol iklan dengan hanya sekali action tanpa perlu menambah script iklan yang akan memperlambat kecepatan loading situs. Secara garis besar kode iklan yang diterapkan adalah sama persis seperti kode iklan Page Level Ads namun mencakup keseluruhan jenis format iklan yang ada di Google Adsense.

2. Meningkatkan Performa Penayangan Iklan di situs

Seperti yang diungkapkan tim Google Adsense Indonesia pada sesi Livestream 5 Maret 2018 lalu, Jeanny Haliman selaku Product Market Manager Google Indonesia mengungkapkan bahwa penggunaan Auto Ads oleh publisher adsense dapat meningkatkan performa penayangan iklan di situs mereka, hal ini dikarenakan Auto Ads dapat bekerja sendiri secara otomatis atau dengan Ad Unit yang sudah ada yang lebih dahulu dipasang oleh Publisher untuk mengoptimalkan pendapatan. Auto Ads mampu membaca perilaku pengunjung blog maupun perilaku jenis iklan yang sudah tayang sebelumnya. Bahkan Auto Ads mampu menentukan dan menyesuaikan sendiri berapa jumlah iklan yang seharusnya ditayangkan dan dimana letak iklan seharusnya muncul, apakah harus ditambah atau dikurangi sesuai dengan isi konten artikel situs tersebut. Jika kita mengedit sebuah artikel dengan menambah isi artikelnya, maka secara otomatis Auto ads mampu untuk menambah format iklan sesuai kehendaknya tanpa adanya pembatasan jumlah unit iklan.

3. Menyeimbangkan pendapatan dan User Experience

Auto Ads dapat mengoptimalkan pendapatan seorang publisher dengan hanya satu langkah yang dilakukan mencakup seluruh kebutuhan publisher guna menampilkan situs yang sesuai dengan guidlines Google kepada para pengunjungnya. Ini dikarenakan penempatan iklan yang di pasang oleh Auto Ads secara otomatis akan mengatur kapan dan dimana iklan seharusnya ditayangkan kepada user / pengguna situs tanpa sedikit pun mengurangi user experience ataupun berkesan menggangu sehingga penayangan iklan akan tepat mengenai sasaran seperti yang diharapkan baik oleh Advertiser, Publisher maupun Google.

Kesimpulan :

Fitur Auto Ads sangat disarankan bagi publisher adsense guna menciptakan ekosistem yang baik bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis PPC ini, Auto ads sengaja dirancang menggunakan teknologi machine learning Google untuk :

  1. Memahami struktur halaman situs yang menayangkan iklan Google
  2. Mendeteksi performa iklan Google di halaman situs secara spesifik dan khusus
  3. Memasang iklan secara otomatis di halaman situs publisher berdasarkan tata letak halaman masing masing situs
  4. Pengaturan otomatis ketika ada update perubahan pada isi situs baik secara tampilan, tata letak, maupun isi konten

Demikianlah penjelasan fitur Auto Ads pada update produk Google Adsense Maret 2018 ini, untuk penjelasan mengenai implementasi fitur auto ads ini akan dibahas pada postingan selanjutnya. Terima Kasih

0 Response to "3 manfaat fitur Auto Ads bagi publisher Adsense"