PANDUAN YOUTUBERS

Penyebab Suspend Channel YouTube yang tidak disadari oleh kita

Channel Youtube terkena suspend terkadang membuat kita pusing, bingung, frustasi dan galau bagi mereka pemain AdSense yang memonetisasi channel YouTube mereka, apalagi di akhir tahun 2016 kemarin badai suspend terjadi dimana YouTube menangguhkan banyak akun khususnya untuk channel Youtube yang terindikasi melakukan pelanggaran kebijakan program ataupun praktek spam. Hal ini memang membuat was was para youtubers termasuk penulis, dan salah satu channel YouTube dari penulis pun terkena dampak dari penangguhan massal untuk banyak channel youtube, channel Youtube saya bahkan bukan hanya di suspend, tetapi dihentikan dikarenakan pelanggaran berat terkait kebijakan program dan praktik spam yang menyesatkan, padahal saya merasa tidak sama sekali melakukan hal tersebut dan mencoba mengajukan banding kepada pihak YouTube.

Lalu apa penyebab channel youtube saya di suspend / dihentikan ? apakah tindakan penangguhan besar besaran yang dilakukan oleh Youtube memang dikarenakan banyak akun yang melakukan pelanggaran namun tidak disadari oleh mereka ?
Kali ini saya membahas mengenai Penyebab Suspend Channel YouTube yang tidak disadari oleh kita, dan akan bercerita mengenai pengalaman dari channel YouTube saya sendiri yang terkena suspend dan akhirnya pengajuan banding saya diterima sehingga Channel YouTube saya dapat aktif beroperasi kembali.

Penyebab Suspend Channel Youtube

Tepatnya pada hari Minggu tanggal 15 Januari 2017, sebuah email dari Google melayang masuk pada pukul 4 dini hari, namun baru saya baca dan buka pada pukul 8 pagi karena memang baru terbangun dari tidur. Seketika itu saya merasa terkejut ketika membuka smartphone karena ternyata akun Google saya di non aktifkan untuk sementara yang memerlukan verifikasi dan tindakan lebih lanjut untuk dapat mengakses kembali akun tersebut. Lalu saya pun kembali memasukan password akun google dan Google meminta verifikasi kode yang dikirimkan melalui ponsel seperti type keamanan 2-Step Verification pada akun Google. Saat itu saya berhasil masuk kembali pada akun, namun sangat disayangkan, saya tidak dapat mengakses channel YouTube saya dan mendapati notifikasi bahwa akun saya dihentikan dengan alasan terkait pelanggaran berat terhadap kebijakan program dan tindakan spam.

Strees, Bingung, dan galau pastinya. karena channel tersebut tengah berkembang dan bahkan telah mencapai ambang batas pembayaran pada bulan bersangkutan. Lalu saya mengambil tindakan untuk mengajukan banding kepada tim YouTube agar dapat memulihkan akun atau setidaknya mendapat penjelasan yang lebih detail mengenai alasan penghentian channel youtube tersebut.

Namun sebelum mengajukan banding, saya mengintrospeksi diri perihal pelanggaran atau kesalahan yang mungkin memang saya lakukan namun tidak saya sadari. Perlu sobat ketahui jika anda ingin bermain adsense youtube sebaiknya lebih berhati hati mengenai video yang akan dimonetisasi karena mungkin video yang anda unggah mengandung unsur konten yang berhak cipta atau penggunaan nya dimiliki khusus oleh pihak lain sehingga apabila terjadi pengaduan oleh pihak yang terkait, akun anda akan ditandai sebagai akun yang melakukan pelanggaran mengenai konten yang memiliki hak cipta atau copyright.

Inilah yang jarang kita sadari mengenai copyright. Kita selalu menganggap bahwa konten yang berhak cipta selalu terpaku pada jenis visual dari sebuah video. Semisalnya acara TV atau Film Bioskop yang memiliki hak siar atau tayang dan tentunya termasuk dalam kategori Copyright Content, atau sebuah video klip musik dan lagu yang didalamnya memiliki unsur audio musik yang berhak cipta pula. Padahal sebenarnya cakupan materi yang berhak cipta tidak hanya terpaku kepada hal tersebut, sehingga menyebabkan banyak channel youtube yang di suspend karena terkait pelanggaran yang dikategorikan materi berhak cipta.

Kembali kepada channel YouTube saya yang di suspend, saat itu pula yang terpikir oleh saya adalah mungkin memang saya melakukan pelanggaran karena ada konten video yang berhak cipta dan saya harus memeriksanya, karena channel YouTube di suspend, saya tidak bisa mengakses akun dan mengecek kembali video video yang telah saya upload. Perlu berjam jam untuk memikirkan konten apa saja yang mungkin melakukan pelanggaran hak cipta, saya ingin memastikannya kembali sebelum mengajukan form banding kepada YouTube untuk pemulihan akun. Prinsipnya adalah agar kita mengetahui jenis pelangaraan yang telah kita buat serta alasan utama YouTube menangguhkan channel YouTube kita sehingga kita dapat meminta maaf dan apabila memang channel kita dapat dipulihkan, kita tidak mengulangi kesalahan yang serupa yang membuat channel YouTube kita disuspend kembali.

Lalu saya pun menyadari, ada sebuah konten video di channel YouTube saya yang memuat Judul Video yang "mungkin" berhak cipta, disini saya tidak akan membahas lebih spesifik mengenai penggunaan frase kata atau kalimat yang saya gunakan didalam video tersebut, namun saya berpikiran bahwa mungkin itulah pelanggaran yang saya lakukan, karena saya berasumsi bahwa konten yang berhak cipta tidak hanya terbatas pada materi audio visual saja, namun bisa seperti pada nama atau merk dagang yang dimana penggunaannya yang dilakukan oleh pihak lain tanpa seijin dan sepengetahuan pemilik merk dagang tersebut bisa dikategorikan sebagai pelanggaran hak cipta, dan penggunaan inilah yang digunakan dalam sebuah judul video di dalam channel YouTube kita sehingga membuat banyak channel YouTube yang di suspend.

Setelah itu, saya pun mengajukan banding melalui form yang disediakan oleh YouTube disertai dengan deskripsi penjelasan mengenai permohonan pemulihan akun, permintaan maaf dan pernyataan pengakuan bersalah dengan harapan YouTube sedikit melunak dan mengabulkan permohonan agar akun kita dapat dipulihkan dan aktif kembali.

Jawaban dari pihak YouTube memang tidak secepat yang saya harapkan, karena perlu diketahui bahwa proses pengajuan banding di review manual oleh team YouTube sendiri dan mereka akan berusaha membalas atau memberitahu tanggapan mengenai pengajuan banding secepat mungkin. Tips nya adalah ajukan banding pada saat hari kerja jangan pada hari libur, karena pada kasus saya, saya mengajukan banding pada hari minggu sehingga perlu waktu sekitar 1 minggu hingga saya mendapat email balasan dari YouTube. Sebagai tips pula, ajukan banding dalam bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami oleh mereka dan cukup ajukan banding sekali saja, jangan karena alasan tidak mendapat respon balasan, lantas terus menerus mengajukan banding karena hal itu hanya akan memperburuk citra pribadi anda sebagai pemilik channel dimata Team YouTube sehingga peluang dipulihkannya akun akan semakin kecil atau mungkin bisa saja menjadi diabaikan oleh mereka.

Alhasil setelah 1 minggu menunggu saya pun mendapat kabar baik dengan mendapat email balasan dari YouTube yang isinya bahwa channel saya dipulihkan dan dapat beroperasi kembali. Ini menjadi pelajaran berharga bagi diri saya pribadi agar lebih berhati hati dalam bermain AdSense YouTube.


Senang Rasanya mendapat email balasan seperti diatas ini sehingga saya dapat mengunggah konten video di channel YouTube yang dimonetisasi dan kembali mendapat penghasilan melalui video Youtube. Terima kasih Google, terima kasih YouTube :))

0 Response to "Penyebab Suspend Channel YouTube yang tidak disadari oleh kita"